Sekilas Tentang Mesin Bubut CNC

Sekilas Tentang Mesin Bubut CNC

CNC adalah singkatan dari Computer Numerical Control. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peralatan mesin yang beroperasi melalui komputer untuk melakukan berbagai operasi, sehingga pengguna hanya perlu memasukkan perintah ke dalam komputer mesin, dan mesin akan mematuhinya secara otomatis.

Sekilas Tentang Mesin Bubut CNC
Sekilas Tentang Mesin Bubut CNC

Dibandingkan dengan peralatan mesin biasa yang masih mengandalkan tenaga manusia atau pada mesin biasa seperti CAM untuk melakukan proses kinerja, CAM tidak menggunakan tenaga manusia untuk melakukan proses tersebut.

Di dunia manufaktur modern, mesin CNC adalah jawaban atas banyak tantangan. Menggunakan perangkat lunak CAD, motor, dan servos, mesin CNC dapat mengerjakan produk dengan akurasi lebih dari 1/100mm dengan bantuan motor servo dan motor listrik.

Tentang Mesin Bubut CNC

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang mesin bubut CNC, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Ini adalah tempat untuk Anda!

Ada banyak jenis, ukuran, dan spesialisasi mesin CNC (Computer Numerical Control) yang digunakan dalam proses manufaktur, yang dapat membingungkan bagi seseorang yang baru mengenal industri – mulai dari mesin bubut, mesin penggilingan, dan mesin multi-sumbu.

Kami akan memulai seri baru tentang dasar-dasar Pemesinan CNC untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang setiap mesin dan cara menggunakannya.

Di antara komponen utama NC/CNC adalah:

Program

  • Unit/Prosesor kontrol
  • Kontrol alat dengan motor listrik servo
  • Pahat digerakkan/diputar dengan motor listrik
  • Pahat
  • Pemegang dan pemegang

Di sektor manufaktur, mesin bubut telah digunakan sejak abad ke-19 dan dianggap sebagai komponen kunci. Dibandingkan dengan pendahulunya, mesin bubut CNC modern sangat canggih dan otomatis. Ada banyak mesin bubut CNC di pabrik-pabrik di seluruh dunia yang melakukan berbagai fungsi dan digunakan di banyak industri.

Prinsip Kerja Mesin Bubut CNC

Secara sederhana dapat dijelaskan prinsip kerja NC/CNC sebagai berikut:
Programmer membuat program CNC sesuai dengan produk yang akan dihasilkan baik dengan mengetik langsung ke mesin CNC atau dengan menggunakan software yang memungkinkan mereka mengetik ke komputer. 2 program CNC dikenal sebagai G-Codes.

Pemrograman pada mesin CNC dikirim ke prosesor, yang sekaligus mengeksekusi instruksi ke motor servo sehingga kemudian dapat melakukan proses pemesinan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan yang telah diprogram. by aganmuda.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.